Hat-trick Kelima Antar Messi Samai Ronaldo di Daftar Topskorer


Jakarta - Kemenangan telak atas Rayo vallecano tak cuma mengantar Barcelona naik ke puncak klasemen. Lionel Messi, yang bikin hat-trick di laga itu, kini juga berada di posisi atas topskorer, berbagi tempat dengan Cristiano Ronaldo.

Bertanding sehari setelah Real Madrid menelan kekalahan dari Athletic Bilbao, Barcelona tak mau lagi membuang peluang untuk merebut puncak klasemen. Di Camp Nou, Minggu (8/3/2015) malam WIB, The Catalans menggilas tamunya dengan skot telak 6-1.

Barca mengawali pertandingan tersebut dengan tidak mudah karena di babak pertama mereka cuma unggul 1-0 melalui Luis Suarez. Vallecano memberi perlawanan sengit di 45 menit perdana ini.

Baru di babak kedua Barca mengamuk, dengan total ada lima gol tambahan tercipta. Tiga di antaranya dibuat Messi dalam kurun 12 menit: diawali penalti menit 56 dan dua gol lainnya di menit 63 dan 68.

Itu merupakan hat-trick nomor lima yang dibuat Messi di La Liga Primera musim ini. Empat hat-trick sebelumnya dia buat saat berhadapan dengan Sevilla, Espanyol, Deportivo La Coruna dan Levante.

Tiga gol tersebut sekaligus membuat Messi kini punya koleksi 30 gol. Jumlah tersebut menyamai gol Cristiano Ronaldo, dan membuat keduanya untuk sementara berbagi tempat sebagai pemain paling subur. Kondisi ini membuat pertarungan memperebutkan El Pichichi bakal makin sengit di 12 pekan terakhir kompetisi.

Di awal musim lalu Messi terlihat akan sangat kesulitan menyaingi Ronaldo dalam perebutan status topskorer. Bahkan sampai tiga bulan lalu ada 13 gol yang jadi pembeda antara keduanya.

Pada 13 Desember 2014, Ronaldo sudah bikin 25 gol sementara Messi baru 12. Per 22 November 2014 jaraknya malah lebih jauh: 20 untuk Ronaldo dan tujuh untuk Messi.

Namun selepas pergantian tahun Messi melesat dengan gol-golnya. Total ada 15 gol dibuat Messi di 2015 ini, dan tercatat cuma dua pertandingan dia tidak bikin gol (Real Sociedad dan Malaga). Sementara sejak tahun baru jumlah gol Ronaldo cuma bikin lima gol.

Catatan-catatan dari hat-trick Messi ke gawang Rayo Vallecano

- 30 gol La Liga musim ini
- 32 hat-trick di semua kompetisi bersama Barcelona
- 24 hat-trick di La Liga Primera bersama Barcelona
- Enam musim beruntun bikin 40+ gol di semua kompetisi

(din/fem)

View the original article here

No comments:

Archives