training ESQ haram (sesat)?


metode pembelajaran ESQ di haramkan negara Malaysia, tapi apakah ESQ tersebut? mengapa ESQ haram? apakah semua esq haram dan sesat?
ESQ adalah sebuah metode belajar psikologi yang menggabungkan 3 unsur kecerdasan, yaitu: EQ (perasaan), IQ (pikiran), dan SQ (siapa saya).

fatwa haram / sesat training ESQ ini dikeluarkan pejabat mufti dan merebak serta menggemparkan malaysia sejak tanggal 7 juli lalu. adapun yang di haramkan dan di anggap sesat adalah leadership training Ary ginanjar karena adanya penyelewengan dari agama islam yang di khawatirkan dapat merusak akidah dan Syariat islam.

tapi apa penyelewengan yang di ungkap mufti wilayah persekutuan malaysia ini, dari dokumen mufti malaysia mengeluarkan 10 alasan yang menyebabkan training ESQ daerah persekutuan di haramkan, diantaranya:


  1.  Mendukung paham liberalisme, dalam arti menafsirkan al-quran dan sunnah nabi secara bebas.
  2. Mengajarkan bahwa para nabi mencapai kebenaran melalui pencarian dan pengalaman, ini sungguh tidak sesuai dengan akidah islam yang menatakan kerosulan adalh pilihan allah
  3.  Menggabungkan ajaran agama, menurut mufti ''SQ'' adalah penemuan orang yahudi danah zohar dan god spot ajaran orang hindu.
  4. menggunakan suara hati sebagai rujukan utama dalam menentukan baik buruknya suatu tindakan atau perbuatan.
  5. menjadikan logika sebagai sumber rujukan utama
  6. tidak mengakui mukjizat, karena tidak bisa diterima oleh akal sehat.
  7. menafsirkan kalimat syahadat dengan "triple one"
  8. menyamakan bacaan al-fatihah sebanyak 17 kali dalam sholat dengan bushido jepang yang berlatar belakang budha
  9. mencampurkan ajaran spritual bukan islam dengan ajaran spiritual islam

 esq di nyatakan sesat alias haram hanya di satu negara bagian saja, sedangkan 13 negeri bagian lainnya training esq sampai saat ini masih berlangsung seperti biasa.

No comments:

Archives