mengefektifkan google search engine


90% pengguna internet menggunakan search engine untuk menemukan apa yang mereka cari, dan butuhkan. dan search engine yang paling banyak mereka gunakan adalah search engine google. Tapi kebanyakan dari mereka atau anda merasa bingung, karena hasil pencarian yang mereka lakukan masih terlalu banyak.

jadi kali ini saya akan memberikan blogger tips, bagaimana mengoptimalkan pencarian dengan search engine google. pada dasarnya, jenis pencarian menggunakan google ada 2 cara yaitu: Basic search dan advanced search.

basic search adalah pencarian langsung yang biasa anda lakukan ketika menggunakan search engine.
sedangkan Advanced search adalah pencarian yang digunakan lebih akurat, karena kita bisa mencari jenis file (format) yang ingin dicari, daerah, negara, bahasa dan lain sebagainya.

sebetulnya masih banyak lagi fitur yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian yang tidak terdapat pada advanced search. kita akan mempraktekkan cara mengoptimalkan pencarian google search engine dengan memasukkan  query di form pencrian basic search.

1. frase : untuk mencari informasi yang kata yang diapit tanda kutip "". sebagai contoh: "tips google adsense", maka hasil pencarian search engine akan muncul tips google adsense.

2. OR :  mencari informasi yang mengandung salah satu kata. contoh: sendal or sepatu, maka hasil pencarian akan menampilkan sendal ataupun sepatu.

3. NOT (-) : hasil pencarian akan mengandung kata yang di depan, tapi tidak di belakang minus. contoh: sendal - sepatu, maka hasil pencarian akan menampilkan sendal, tidak/bukan sepatu.

4. sinonim (~) : untuk mencari sinonim/persamaan kata yang dicari. Contoh: ~rumah, maka hasil pencarian search engine adalah home, house.

5. And (+) : untuk mencari kedua kata yang dicari. contoh: home interior+exterior, maka hasil pencarian akan menampilkan gabungan kata interior dan exterior.

6. TITIK (.): karakter pengganti huruf, angka, dan karakter tunggal. contoh: kita menuliskan kata ik. , maka hasil pencarian yang didapat ikan, iklan, ikrar dsb.

7. Asterik (*): karakter pengganti kata, contoh: tips * pemula, hasil pencariannya: tips adsense pemula. tips blog pemula, tips traffic pemula, dsb.

8. RELATED : menampilkan daftar situs yang mirip, atau memiliki hubungan dengan situs yang dicari. contoh: related:tips4-u.blogspot.com

9. INFO : menampilkan informasi yang google ketahui tentang situs yang dicari. contoh: info:tips-ricky.blogspot.com

10. LINK : menampilkan  daftar link yang mengarah pada situs yang dicari. contoh: link:tips4-u.blogspot.com

11. CACHE : menampilkan hasil pencarian situs yang telah terindex mesin pencari google, meskipun sudah tidak aktif ataupun dihapus. contoh: cache:tips-ricky.blogspot.com

12. DEFINE : menampilkan defenisi dari sebuah terminologi. contoh: define:e-learning.

13. FILETIPE : menampilkan hasil pencarian dari ekstensi file yang dicari. contoh: filetype:pdf

14. INTITLE : menampilkan kata yang dicari dalam halaman. Contoh: intitle:masukan judul yang ingin dicari

15. ALLINTITLE : menampilkan seluruh kata dalam halaman. Contoh: allintitle:masukan judul yang ingin dicari

16. INURL : menghasilkan kata dalam pencarian url. Contoh: inurl:masukan url yang ingin dicari

17. ALLINURL : menampilkan seluruh kata dalam url. Contoh: allinurl:masukan url yang ingin dicari


dan perlu anda ketahui dalam pencarian menggunakan search engine goole:

* pencarian mengunakan kapital dan bukan kapital merupakan hal yang sama.
* I'm felling lucky, akan membawa anda langsung menuju ke hasil pencarian pertama query anda.
* search enggine mengabaikan pencarian menggunakan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, by, from, how,  i, in, is, of, on, that, the, this, to, we, what, when, where, which dan with.


semoga informasi ini, dapat membantu anda memudahkan pencarian anda dengan search engine. tinggalkan komentar dan pertanyaan anda di komentar, saya akan dengan segera membantu anda.

blogger tips|tips adsense|increase traffic blog

No comments:

Archives